Jumat, 16 Agustus 2013

PENYUSUNAN PROGRAN LATIHAN


Penyusunan program latihan adalah proses merencanakan dan menyusun materi, beban, sasaran, dan metode latihan pada setiap proses tahapan yang akan dilakukan oleh setiap olahragawan. Dalam penyusujnan program latihan perlu memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai faktor, meliputi : mengetahui biodata atlet, lanhkah-lanhkah penyusunan program, dan karakteristik cabang olahraga. Obyek latihan adalah manusia yang merupakan satu totalitas sistem psiko-fisik ytang kompleks, dan kondisinya bersifat labil dan sementara. Artinya, kondisi manusia selalau berubah sehingga dalam proses ke arah yang lebih baik, diantaranya untuk meningkatkan kualitas fisik, fungsional peralatan tubuh, dan kualitas psikis. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan program latihan.
  1. Biodata Olahragawan
Adapun biodata atlet yang diperluikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam menentukan beban latihan yang antara lain meliputi :
1.klasifikasi atlet (pemula, menengah, tinmggi atau terlatih atau tidak)
2.usia latihan (lama latihan)
3.usia kronologis (tanggal lahir)
4.tinggi dan berat badan
5.denyut jantung istirahat
6.frekuemsi latihan yang akan dilaksanakan
7.waktu pelaksanaan pertandingan
8.kondisi kesehatan (pernah sakit atau belum, jenis penyaskit dan lama sakit).
  1. Langkah-langkah Penyusunan Program Latihan
Agar sasaran latihan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, maka langkah-langkah tersebut diantaranya :
1.Waktu Pelaksanaan Pertandingan
Setelah mengetahui waktu dan jumlah pertyandingan, langkah selanjutnya adalah menghitungjumlah bulan, minggu, hari, danm jam yang tersedia untuk latihan. Pada setiap bulannya dirinci jumlah minggu yang ada. Setiap minggunya dihitung berapa hari yang dapat digunakan untuk latihan, sehingga dapat menentukan frekunsi yang akan dilakukian dalam setiap minggunya. Selanjutnya setiap sesi latihan berapa lama waktu yang tersedia untuk latihan, sehingga dapat menghitung jumlahjam latihan.
2.Diagnosis Kemampuan Awal
Materi diagnosis kemampuan awal meliputi keterampilan teknik, komponen biomotor yang diperluikan cabang olahraganya, antrophometri, dan kondisi psikologis atlet.
3.Penyusunan Program Latihan
Tujuan dari penyusunan materi program latihan adalah untuk meningkatkan kualitas keterampilan, kebugaran oto, dan kebugaran energi atlet. Program latihan yang baik seharusnya berisikan materi teori, materi prakter, metode, sasaran latihan yang dirinci pada setiap tahap periodisasi.
4.Penentuan Sasaran Latihan
Secara praktek sasaran latihan adalah meningkatkan kualitas keterampilan, kebugaran fisik, dan kebugaran energi atlet. Dalam mengatur pembebanan ada 4 komponen yang ikut menentukan keberhasilan proses pembebanan, yaitu : intensitas, volum, recovery, dan interval.
5.Tujuan Mengacu Pada Periodisasi Latihan
Tujuan latihan fisik adalah meningkatkan kebugaran energi dan kebugaran otot
Periodisasi
Sasaran Latihan
Periode Transisi
: memelihara kebugaran jasmani
: meningkatkan ketahanan aerobik
Periode Persiapan
: meningkatkan kekuatan umu dan khusus
: meningkatkan kecepatan
: meningkatkan powert
Periodisasai
Sasaran latihan
Periode Kompetisi
: meningkatkan kemampuan anaerobik
: miningkatkan ketahanan anaerobik
: bentuk latihan dengan kecepatan dan power
6.Pelaksanaan dan Pemantauan Program
Selama proses latihan diperlukan pemantauan, dengan maksimal agar proses latihan sesuai de3ngan sasaran pada waktu periode tertentu, Selain itu juga untuk mengetahui apakah metode yang dilakukan sudah cocok dengan tujuan.
7.Umpan Balik
Bila terjadi kesalahan pada materi latihan, misalnya teknik, maka umpan balik dapat diberikan secara langsung. Hal itu dimaksudkan agar atlet segera mengetahui letak kesalahan dan membenahi untuk dapat melakukan ke arah yang benar.
8.Penyusunan Kembali Program Latihan

Apabila dalam proses pemantauan benar-benar terjadi penyimpangan yang diperkirakan dapat mengakibatkan tujuan latihan tidak tercapai, maka dengan segera diadakan peninjauan kembali terhadap program dan proses latihan yang telah berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar